Mengapa Penargetan GEO Begitu Penting Dalam SEO Modern?

Mengapa Penargetan GEO Begitu Penting Dalam SEO Modern

Ketika berbicara tentang peringkat, Anda pastinya ingin memberi peringkat untuk kata kunci yang sangat relevan yang digunakan di niche pasar Anda. Masalahnya adalah ketika Anda melakukan itu, persaingan Anda pasti mencakup beberapa merek besar yang memiliki anggaran SEO yang besar.

SEO sangat kompetitif dan kenyataannya Anda tidak akan bisa bersaing dengan merek besar. Namun, Anda dapat memanfaatkan betapa pentingnya SEO Lokal bagi Google saat ini. Di sinilah tepat di mana penargetan geo masuk untuk memberi Anda bantuan besar.

Menargetkan Kata Kunci Khusus Lokasi

Intinya di sini adalah Anda ingin mengatasi persaingan kata kunci yang sangat ketat. Anda dapat melakukannya di mesin pencari dengan mengambil pendekatan penargetan kata kunci khusus lokasi.

Apa arti sebenarnya?

Sederhananya, daripada menargetkan kata kunci seperti “beli sepatu”, Anda menargetkan kata kunci yang lebih spesifik, lebih panjang, dan spesifik lokasi seperti “beli sepatu di Kota Bandung”.

Alih-alih menulis “reparasi mobil di Jawa Barat”, Anda dapat menulis yang lebih spesifik lagi, seperti “reparasi mobil di Bandung”.

Ide utamanya di sini adalah mempersempitnya sebanyak mungkin. Anda bahkan dapat pergi sesuai target seperti mempersempit beberapa kata kunci yang Anda gunakan ke tingkat jalan. Namun, Anda harus mencoba mencakup area layanan Anda sebanyak mungkin.

Mengapa Menargetkan Kata Kunci Spesifik Seperti Itu?

Cara Meningkatkan SEO Anda Dari A hingga Z

Menggunakan penargetan geografis SEO menawarkan beberapa manfaat yang tidak dapat diabaikan begitu saja untuk spesialis SEO dan pemilik bisnis. Beberapa di antaranya yang harus disebutkan adalah:

  • Persaingan Lebih Rendah – Meskipun secara praktis tidak mungkin bagi bisnis kecil untuk menentukan peringkat untuk istilah penelusuran yang sangat kompetitif seperti “suplemen protein” atau “toko roti”, jauh lebih mudah untuk memberi peringkat untuk kata kunci khusus lokasi karena persaingan secara alami jauh lebih kecil.
  • Harga Lebih Rendah – Anda harus mengeluarkan uang untuk kampanye SEO Anda sehingga ketika Anda menggunakan persyaratan yang sangat kompetitif, kampanye dengan cepat menjadi sangat mahal. Dengan penargetan geografis, Anda membayar jauh lebih sedikit.
  • Lebih Sedikit Waktu – Untuk mendapat peringkat di halaman pertama Google untuk kata kunci kompetitif, Anda bahkan harus menunggu satu tahun, atau lebih. Dengan kampanye penargetan geografis, waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit.

Cara Menggunakan Penargetan Geografis Dalam SEO

Hal pertama yang pertama. Penargetan geografis dalam SEO itu sederhana dan rumit. Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan dan itu cukup jelas. Ini termasuk:

Membuat Halaman Arahan yang Sesuai

Kata kunci penargetan geografis dapat digunakan untuk iklan berbayar dan pencarian organik. Namun, untuk memanfaatkan peluang ini sepenuhnya, Anda memerlukan halaman arahan khusus lokasi.
Coba buat satu untuk setiap lokasi tempat Anda menawarkan layanan. Kemudian, ketika Anda menggunakan strategi peringkat SEO lokal, Anda dapat mengarahkan tautan Anda ke sumber daya yang sesuai.

Menggunakan Domain TLD yang Ditargetkan

Ini adalah taktik yang pasti dapat Anda gunakan jika Anda berencana meluncurkan situs web untuk melayani pasar lokal. Namun, ini juga sesuatu yang dapat Anda pertimbangkan jika mengatur pengalihan yang tepat tidak menjadi masalah bagi Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan SEO Anda Dari A hingga Z

TLD (top level domain) adalah domain dengan ekstensi yang spesifik lokasi, seperti.co.ID, or.com.au. Ini memiliki bobot yang jauh lebih besar daripada yang diharapkan banyak orang saat mengacu pada mesin pencari Google khusus negara yang digunakan oleh pengguna.

Saat mengacu pada strategi SEO yang kurang jelas yang dapat Anda gunakan untuk kampanye penargetan geografis, kami dapat menyebutkan beberapa contoh:

  • Mendaftar di Direktori Bisnis Berbasis Lokal

Untuk SEO lokal secara umum, direktori bisnis yang menargetkan wilayah tertentu jauh lebih berharga daripada yang lebih besar yang memiliki cakupan global. Ini terutama terjadi ketika Anda dapat fokus pada halaman arahan khusus lokasi yang kami sebutkan di bawah.

  • Barter Dengan Bisnis Lokal

Tautan yang Anda dapatkan dari bisnis yang melayani area yang sama seperti milik Anda sangat berharga dengan kampanye khusus lokasi. Ini terutama terjadi jika mereka sudah memiliki jangkauan lokal yang baik di mesin pencari. Targetkan tempat berbeda yang dapat Anda siapkan dan selalu pilih sesuatu yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Kesimpulan

Saat ini, Anda harus menggunakan SEO penargetan geografis. Sesederhana itu. Ketika Anda menyewa agen SEO untuk melakukan pekerjaan di situs Anda, Anda harus menghindari semua hal yang tidak berbicara tentang pentingnya SEO lokal dan yang tidak menyebutkan penargetan geografis untuk membantu Anda menentukan peringkat tepat di mana Anda melayani pelanggan.