Cara Menulis Konten Situs Web yang Tidak Membosankan

Menulis di depan laptop

Saat membuat konten untuk produk, layanan, dan materi pemasaran online, semua itu mudah sekali basi, membosankan, dan tidak berhubungan dengan audiens Anda – sampai-sampai mereka tidak dapat lagi berhubungan dengan Anda.

Jika Anda mengingat terlebih dahulu audiens Anda dan kemudian tujuan Anda, Anda akan dapat mengatasi masalah umum ini.

Ceritakan Kisah Anda

Mulai dari perspektif pelanggan Anda, ceritakan kisah Anda dengan memikirkan mereka. Anda dapat berbicara dengan mereka dari suara pelanggan Anda sendiri. Lagi pula, mengapa Anda menciptakan produk atau layanan yang Anda lakukan? Apakah Anda melakukannya karena Anda sendiri membutuhkannya? Bagaimana Anda menemukan kebutuhan akan produk atau layanan Anda? Kenapa kamu? Tetaplah dalam perspektif pelanggan selama cerita dan mereka akan lebih memahami penawaran Anda.

Jangan Berlebihan

Alih-alih menggunakan jargon dan ucapan “korporat”, bicaralah kepada audiens seolah-olah mereka setara dengan Anda dan Anda akan menjadi lebih manusiawi bagi mereka. Ini juga akan memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan kepribadian Anda kepada mereka. Meskipun Anda ingin menjadi pemimpin dan guru yang berpikir, Anda tidak ingin tampil sebagai orang yang sok tahu dan membosankan.

Berupayalah Menjadi Relevan

Tetap up-to-date tentang industri Anda sehingga Anda dapat tetap relevan. Jangan berpegang pada cara lama dalam melakukan sesuatu lama setelah itu tidak dilakukan lagi. Perhatikan apa yang baru dan Anda akan selalu berada di puncak ceruk pasar Anda dan relevan dengan audiens Anda.

Gunakan Bahasa Biasa

Bicaralah kepada audiens Anda seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seorang teman baik. Tulis bagaimana Anda berbicara. Tidak perlu menggunakan kata-kata yang lebih besar dari yang biasanya Anda gunakan. Jika itu membantu, dapatkan beberapa perangkat lunak suara ke teks dan bicarakan posting dan konten blog Anda. Anda juga dapat mencoba membuat vlog jika membantu Anda menghindari penggunaan bahasa yang tidak wajar bagi Anda.

Fokus pada Audiens Anda

Tidak peduli apa yang Anda tulis, blogging, vlogging, dan lakukan, itu selalu tentang audiens Anda. Mereka perlu tahu apa untungnya bagi mereka, dan untuk tetap fokus pada diri mereka sendiri. Alih-alih berusaha untuk mengagungkan diri sendiri dan menempatkan diri Anda di atas mereka, tempatkan mereka sebagai alas dan buatlah semuanya tentang mereka setiap saat.

Hitung Setiap Kata

Setelah Anda selesai menulis sebuah konten, editlah sehingga tulisan Anda ringkas dan langsung pada intinya. Cobalah menulis kalimat yang lebih pendek daripada kalimat bertele-tele. Selain itu, jangan membuat paragraf terlalu panjang dan pertahankan setiap postingan blog pada satu fokus yang sempit.

Sertakan Citra yang Sesuai

Dengan konten apa pun, Anda bisa menyampaikan maksud Anda dengan lebih mudah jika menggunakan gambar. Terkadang sebuah konsep lebih mudah diekspresikan dengan gambar dan di lain waktu gambar hanya membantu mengatur suasana hati dan nada untuk keseluruhan posting.