Cara Mengidentifikasi Pelanggan Yang Ideal

Cara Mengidentifikasi Pelanggan Yang Ideal

Faktanya adalah sekitar 20% dari semua pelanggan Anda akan menghasilkan 80% dari pendapatan Anda. Itu karena 80% lainnya tidak sepenuhnya sejalan dengan pelanggan ideal Anda.

Ada cara untuk meningkatkan penghasilan Anda secara eksponensial, dan itu berfokus pada pelanggan ideal Anda sehingga Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan ideal dan lebih sedikit yang tidak ideal.

1. Manfaat Apa yang Ditawarkan oleh Produk atau Layanan Anda?

Buat daftar semua manfaat yang dimiliki produk atau layanan Anda. Ketika Anda berpikir seperti pelanggan Anda, Anda akan selalu berpikir tentang “apa untungnya untuk saya?” Pelanggan Anda ingin tahu mengapa mereka harus menggunakan produk itu.

2. Identifikasi Poin Sakit Yang Dapat Anda Atasi

Masalah seperti apa yang dipecahkan oleh produk atau layanan Anda? Apakah ini mengosongkan waktu? Apakah itu mengakhiri kebosanan?

3. Tentukan Siapa Yang Membutuhkan Masalah Ini Dipecahkan

Setelah Anda mengumpulkan daftar manfaat yang ditawarkan produk Anda dan poin rasa sakit yang dipecahkan produk Anda, Anda perlu mencari tahu siapa yang membutuhkan manfaat tersebut dan memiliki poin rasa sakit tersebut.

4. Tentukan Karakteristik Potensi Pelanggan Anda

Setelah Anda memiliki daftar orang-orang yang mungkin mendapat manfaat dari produk atau layanan Anda, Anda dapat membuat daftar demografi dan faktor lain yang dibagikan oleh orang-orang dalam grup itu.

5. Tentukan Perilaku Pelanggan Anda

Temukan cara untuk meneliti daftar orang yang Anda buat di atas sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang jenis perilaku yang ditampilkan oleh audiens target Anda.

6. Karier Apa yang Dimiliki Pelanggan Ideal Anda?

Dapatkah Anda menentukan jenis karier yang dimiliki klien ideal Anda dari informasi yang telah Anda kumpulkan di atas?

7. Apa Harga Yang Dapat Mereka Miliki?

Setelah Anda mengetahui jenis karier yang dimiliki klien ideal Anda, Anda juga dapat menentukan titik harga yang wajar untuk produk atau layanan Anda berdasarkan apa yang mampu mereka bayar dan nilai penawaran Anda.

8. Uji Asumsi Anda

Setelah Anda memiliki gagasan yang adil tentang siapa klien ideal Anda, Anda dapat menguji asumsi Anda dengan mengidentifikasi beberapa influencer dalam audiens Anda dan meminta mereka untuk mencoba produk atau layanan Anda.

9. Ulangi

Ambil jawaban yang Anda dapatkan dari informasi di atas dan uji dan tingkatkan penawaran Anda sehingga Anda benar-benar dapat menyenangkan pelanggan ideal Anda.

Baca juga: Tips Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Sukses

Dengan menggunakan informasi yang dipelajari dari semua tindakan di atas, Anda benar-benar dapat memfokuskan upaya pemasaran Anda ke klien ideal Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempertahankan pelanggan yang tepat agar dapat memanfaatkan pelanggan tetap dan kepuasan pelanggan tingkat tinggi.